Indonesiasenang-, Sebuah film karya terbaru dari aktor India, Aamir Khan siap mengaduk-aduk perasaan penonton. Berjudul "Laal Singh Chaddha", film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki India Sikh bernama Laal Singh Chaddha (Aamir Khan). Dia merupakan seorang anak laki-laki yang memiliki keterbatasan dan tinggal bersama sang ibu. Saat kecil, dirinya harus mengenakan alat bantu jalan sehingga sering mendapat cemooh dari teman-temannya. Ditambah lagi dirinya memiliki sedikit masalah dengan perkembangan mentalnya.

Sang ibu selalu Laal Singh Chaddha dengan penuh kasih sayang dan terus berusaha membentuk Laal Singh Chaddha menjadi anak yang kuat.  Sebelum akhirnya bisa berlari kencang dengan bantuan teriakan Rupa D'souza (Kareena Kapoor). Sayangnya mereka harus berpisah dibangku kuliah.

Film dimulai ketika Laal Singh Chaddha dewasa berada di dalam kereta menuju suatu daerah. Rupanya, setiap kejadian di film itu merupakan visual dari cerita Laal kepada penumpang kereta lainnya. Laal Singh Chaddha adalah masyarakat India penganut kepercayaan Sikh,dimana mereka para lelaki selalu menggunakan sorban sejak kecil hingga dewasa. Namun karena alasan konflik agama di India saat ia kecil, ibunya akhirnya memotong rambut Laal Singh Chaddha yang panjang dan tidak memasang sorban di kepala Laal Singh Chaddha agar aman dari amukan warga.

Saat beranjak dewasa, Laal Singh Chaddha masuk ke dunia militer dengan mengikuti pelatihan Angkatan Darat. Disanalah dia bertemu sahabat yang mau menerimanya. Pada suatu waktu, mereka dikirim ke sebuah daerah diperbatasan antara India-Pakistan, karena ada pihak Pakistan yang disinyalir memasang barak mata-mata. Disini Laal Singh Chaddha terpaksa harus kehilangan sahabatnya itu, padahal mereka memiliki mimpi besar setelah keluar dari pelatihan.

Di sisi lain, Laal Singh Chaddha yang selalu berprinsip tidak mau membunuh orang, berusaha menolong teman-temannya yang terluka. Tak disangka, salah satu orang yang dia tolong adalah pihak musuh. Dari sinilah perjalanan tak terduga makin melengkapi film ini.

Lalu bagaimana akhirnya Laal Singh Chaddha ?,  apakah dia akan menemukan Rupa yang selama ini dicarinya ?.

Banyak part dalam film ini yang menggambarkan kehidupan Laal Singh Chaddha sejak kecil hingga dewasa, dan semua itu dikemas dengan cerita yang menggunakan alur flashback. Ini membuat penonton harus berkonsentrasi agar tidak bingung. Dengan durasi 2,5 jam lebih, sutradara sepertinya tidak ingin mengemas film ini secara kasar dan terburu-buru, sehingga cerita nampak memiliki alur teratur.

Setiap konflik yang terjadi selalu berhasil membuat penonton penasaran akan endingnya. Inilah yang membuat waktu dua jam lebih tidak terasa.

Banyak pesan yang dapat diambil dari film ini. Mulai dari gambaran kasih sayang seorang ibu, kepada pasangan, sahabat hingga musuh. Membawa pesan bahwa kebaikan akan melahirkan kebaikan pula menjadi hal penting disini. Tentunya dengan berbagai konflik yang ada, menggambarkan bahwa hidup manusia memiliki perjalanan yang tidak mudah.

Dikemas dengan visual yang keren karena sinematografinya yang mumpuni, Aamir Khan sukses membawa cerita masuk ke dalam perasaan penonton. Untuk itu, pantas rasanya jika film ini mendapat score 8/10 dan menjadi rekomendasi film yang layak ditonton. Laal Singh Chaddha resmi tayang di bioskop Indonesia pada 11 Agustus 2022. (kintan; foto praba)