Indonesiasenang-, Terinspirasi dari sudut pandang kaum milenial dan Gen Z yang masih skeptis dengan politik, sebuah media digital kekinian Komisi.co resmi diluncurkan pada 13 Desember 2022. Dengan menghadirkan gerakan #BikinPolitikJadiAsik, media digital Komisi.co menjadi sebuah media yang mengangkat segala hal tentang politik dengan kemasan yang lebih ringan.

Lewat gerakan ini, Komisi.Co menjadi satu-satunya media di Indonesia yang memberikan kesempatan untuk mengupas tuntas politik secara komedi dan mendidik untuk para generasi muda.

Bertepatan dengan Hari Nusantara tanggal 13 Desember 2022 kemarin, Komisi.Co secara resmi diluncurkan dengan makna Hari Nusantara yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua, dengan tujuan mempersatukan seluruh wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh dan berdaulat. Hal ini merupakan wujud semangat dan komitmen Komisi.Co mendukung politik Indonesia dalam kacamata generasi muda yang dipercayai sebagai generasi penerus bangsa.

Dhirham Andira, Co-Founder Komisi.Co menjelaskan konsep dari Komisi.Co yang menyasar anak muda.Di penghujung tahun 2022, dengan layanan, manfaat serta keunggulan yang dimiliki, Komisi.Co telah memproduksi konten-konten komedi politik yang dapat meningkatkan partisipasi politik anak muda.

"Kenapa anak muda ?. Karena anak muda terutama Gen Z sangat awam tentang politik. Kebanyakan media politik memiliki bahasa yang sangat berat dan banyak anak muda yang skeptis. Nah, Komisi.Co ini menjebatani politik dengan cara yang asik ala anak muda”, jelas Dhirham Andira. saat jumpa pers bersama awak media, Rabu 14 Desember 2022 di MBLOC SPACE, Jl. Panglima Polim No.37, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Sementara itu, meningkatnya peran digital marketing saat ini sangatlah berperan penting untuk mendukung program yang diadakan oleh Komisi.Co. "Korelasi digital marketing terhadap politik Simple banget sebenernya, karna kita harus mengikuti perkembangan zaman. Semua bisa diakses melalui internet. Kenapa kita nggak bikin generasi muda bisa mengakses informasi politik, membuat anak muda lebih dekat dengan pemerintah juga ?. Nah, Komisi ini hadir sebagai penyambung dan membantu anak muda untuk menyampaikan aspirasi mereka. Kita juga ingin menjadi media yang dekat dengan politisi dan anak muda”, papar Gladys Dewantari, yang juga merupakan Co-Founder Komisi.Co .

Dalam kesempatan kali ini juga dihibur dengan penampilan Jason Ranti, musisi muda yang karya-karyanya juga mengangkat tentang sosial, politik dan isu-isu dalam kehidupan masyarakat. Ia membawakan salah satu hitsnya berjudul Jalan Ninja, dan beberapa lagu lainnya. Ini sesuai dengan konsep Komisi.Co yang memang mengusung tema politik.

Lebih luas lagi, Gianluigi Christoikov selaku Ketua Umum Komisi.co sekaligus Stand Up Comedian yang juga turut hadir dalam jumpa pers kali ini menyatakan bahwa misi dari Komisi.co adalah menjadi tempat dan jembatan antara pemerintah, politikus dengan anak-anak muda.

"Selain menjadi media anak muda yang bersuara, kita ingin media ini bisa menjadi wadah para politisi untuk membuat campagne yang lebih asyik. Kita memilih komedi karena komedi adalah cara yang pas yang bisa diterima siapapun. Politik di Indonesia sendiri kan bisa dijadikan komedi, karena politik itu ada lucunya kan. Kita juga punya team jurnalis yang memberikan data secara akurat, sehingga konten-konten yang kita berikan berdasarkan data yang ada”, tutup Gianluigi Christoikov.

Sebelumnya, Komisi.Co juga mengadakan forum diskusi politik bertajuk "Politik Vs Komedi berKaraoke" yang dihadiri sejumlah figur publik yakni, Arief Poyuono, Oza Rangkuti dan Ryan d'Masiv. Ini sebagai bukti nyata keberhasilan Komisi.Co meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap politik. Sebanyak 200 tiket habis terjual dalam sehari dan telah mengumpulkan lebih dari 18.000 pengikut dan pelanggan di YouTube, Tiktok, dan Instagram hanya dalam waktu 5 bulan. (kintan; foto praba)