Indonesiasenang-, Nusa Tenggara Timur atau biasa disingkat NTT terletak di bagian tenggara Indonesia. Sejak zaman penjajahan dulu pulau NTT selalu menjadi incaran negara-negara lain karena alamnya kaya akan rempah-rempah, hal tersebut mengakibatkan kuliner khas NTT kaya akan bumbu rempah

Nasi memang menjadi makanan pokok, namun di Flores, NTT nasi biasa digantikan oleh Kena Kita atau Bubur Rokatenda. Makanan sejenis bubur ini sangat cocok disantap sebagai sarapan pagi dan masuk dalam daftar makanan terenak di Flores.

Berasal dari Pulau Palue, Kena Kita dibuat dari campuran jagung, umbi-umbian, kacang merah, dan parutan kelapa. Jagung memang menjadi salah satu hasil bumi unggulan di NTT yang merupakan salah satu sumber karbohidrat dan kaya akan berbagai kandungan nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan B1, serta air.

Ada yang unik dari makanan ini selain namanya, yakni bahan yang digunakan dan citarasa yang tidak biasa. Kena Kita memiliki tekstur lembut dan rasa dilidah sangat gurih berkat penambahan garam dan santan, jika suka dengan makanan pedas bisa ditambah oleh cabai rawit. Bubur dengan rasa gurih dan pedas ?. Sobat Senang pasti jarang menemukannya !.

Sebenarnya cukup sulit menemukan Kena Kita di rumah makan. Jika ingin menikmati Kena Kita, Sobat Senang bisa berkunjung ke rumah-rumah penduduk lokal. Namun dibulan Ramadan Kena Kita bisa ditemukan dengan mudah, ada yang dijual sebagai takjil, bahkan di beberapa masjid Kena Kita tersaji secara gratis sebagai makanan berbuka.

Jadi Sobat Senang bisa bisa mencicipi Kena Kita jika sedang berkunjung ke provinsi yang juga dikenal dengan nama Pulau Komodo ini. Makanan di NTT selain nikmat, bahan yang dugunakan cukup umum ditemui di daerah lain. Hanya rempahnya saja yang mungkin hanya ada dan bisa didapatkan di NTT. (rls; foto humaspemprovntt)