Indonesiasenang-, Di saat situasi pandemi mulai melandai dan memasuki era endemi, dimana banyak orang mulai nyaman berkumpul bahkan melepas masker. Saat yang memihak dan menjadi momentum bagi /rif (rhythm in freedom) merayakan ulang tahun ke 28 dengan menggelar pesta meriah di Hard Rock Cafe, Jakarta pada Rabu (25/05/2022).

Waktu 28 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk eksistensi sebuah band, begitu pula dengan /rif, sebuah grup musik beraliran pop rock yang dibentuk di Bandung pada tahun 1992. Meskipun telah mengalami pergantian formasi, band yang mengawali karir sebagai band cover di beberapa café di Indonesia tersebut masih tetap berkiprah di belantika musik Indonesia sampai saat ini.

Dalam perjalanan karir bermusik mereka, /rif sampai sekarang ini digawangi oleh Andy (Vocal), Jikun (Gitar), Maggi (Drum), Ovy (Gitar) dan Teddy (Bass) telah mengeluarkan lebih 8 album studio dan lebih dari 20 single. /rif juga mempunyai fanbase yang sangat besar, tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri dengan berbagai tingkatan umur yang membuat mereka semakin matang dalam bermusik.

Perayaan /rif yang ke 28 tahun kali ini tahun 2022 melalui Kawantua management dan membantu program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional. Khususnya bagi para insan pelaku di industi kreatif dan para musisi yang terkena dampak Pandemi Covid-19, dilakukan secara langsung pertunjukan musik dari /rif yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2022 di Hardcrock cafe Jakarta, dengan tajuk /rifversary. Sedangkan di Hard Rock Café Bali rencannya juga akan digelar pada tanggal 01 Juli 2022.

“Kita bermusik dari awal untuk fun saja, tidak ada ekspektasi berlebihan, yang penting kita terus berkarya selagi bisa. Jika sampai hari ini, menapakan kaki /rif 28 th dijagad musik dikenal banyak orang, itu adalah bonus dari kerjakeras dan karya kita. Ya, seperti malam ini di 28th /rifVersary, setelah 2 tahun digebuk pandemi, kita rayakan dengan riang gembira bersama sahabat, teman musisi juga rakyat /rif”, ujar Andy /rif.

Setlist /rif Versary – 28th Years Anniversary Hard Rock Café Jakarta

Side A

Opening : Green Song, Son, Rock n Roll Fantasy, Awan Hitam atau Si Hebat, Dunia, Jeni, Sick, Fight

Break (Give Away)

Side B :

Tonight Tonight, Bintang Kedjora, Bunga, Aku Ingin, Cinta Adalah, Manis Getir, Beri Dunia Senyuman, Salah Jurusan, Lotoeye, Radja.

Dalam merayakan momen kebahagiaan 28th /rifVersary, /rif tidak tampil sendirian. Mereka mengajak rekan-rekan musisi ikut ber-riang gembira bersama dalam satu irama kolaborasi. Mulai dari Eet Sjahranie, Iwa K, Tanayu, Getah, Andyan Gorust, Ezra Simanjuntak, Moeg Moeg, Berry Manoch, dan banyak lagi. Mereka semua menabuh genderang dalam irama yang sama, yakni semuanya fun/rif dengan alunan riang gembira bukan kepalang. (rls; foto gun)